CERITA LAIN DI BALIK MONUMEN TUGU

Salah satu icon yang mewakili kota Malang adalah monumen tugu yang terletak di tengah kota Malang (Jl. Tugu) dengan dikelilingi oleh gedung Balaikota Malang, DPRD kota Malang, hotel Tugu, aula skodam V Brawijaya, SMAN 1 Malang, dan SMAN 4 Malang . Monumen tugu memiliki sejarah yang cukup luar biasa berkaitan dengan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan negara Republik Indonesia ini. ^_^V

Seiring dengan perkembangan jaman, monumen tugu telah berubah menjadi salah satu tempat rekreasi bagi warga kota Malang. Dengan dilengkapi dengan kolam teratai, tempat duduk yang mengelilingi kolam, serta taman-taman mungil disekitaranya, tempat ini memang cukup menarik mata bagi orang – orang yang melintas di jl. Tugu (termasuk saya tentu saja…). Apalagi jika malam telah tiba, tempat ini berubah menjadi taman dengan cahaya lampu yang berwarna – warni, sungguh indah.

Monumen Tugu di Siang Hari

Balai Kota Malang

Saya pun tertarik untuk mengabadikan suasana monumen tugu di malam hari dengan kamera saku kesayangan saya, dan kebetulan pada Jumat, 26 Maret 2010 saya berkesempatan untuk melakukannya. Sekitar pukul 18.30 saya sampai di bundaran tugu dan ternyata pada jam – jam itu masih tersedia jasa parkir motor di depan SMAN 4 Malang yang bisa saya manfaatkan . Saya memarkir motor saya di antara motor – motor yang sudah lebih dulu ada di tempat tersebut. Kalau bisa saya tebak,  si empunya motor – motor itu pasti memiliki tujuan yang sama dengan saya yaitu menikmati indahnya cahaya lampu di monumen tugu.

Setelah  memarkir motor, saya tidak menyiakan kesempatan untuk segera menuju tempat yang  saya inginkan. Saya mencari posisi yang tepat untuk mengambil gambar monument tugu dengan latar balai kota Malang. Di saat sedang asyik mencari posisi yang pas, saya menemui pemandangan yang tidak saya temui di siang hari. Di setiap tempat duduk yang tersedia sudah diisi oleh sepasang muda – mudi yang entah sudah melakukan apa saja di bawah lampu yang temaram (hiii merinding saya membayangkannya), sempat takut juga saya yang pada saat itu memang sedang sendiri saja karena tidak hanya sepasang melainkan banyak pasangan muda – mudi lainnya yang ada disitu. Akhirnya saya memutuskan untuk segera meninggalkan tempat tersebut setelah melakukan beberapa jepretan saja (kurang puas memang).

Monumen tugu dengan background balaikota Malang di malam hari

Di tengah perjalanan pulang, saya kembali teringat apa yang baru saja saya temui. Sedih bila mengingat  bagaimana pemuda/ pejuang dulu berjuang untuk membangun monument tugu tersebut dengan mempertaruhkan jiwa dan raga mereka, ehh ternyata sekarang dimanfaatkan oleh beberapa pemuda – pemudi untuk sesuatu yang tidak layak. Hmmmmh (menarik napas panjang)

7 thoughts on “CERITA LAIN DI BALIK MONUMEN TUGU

  1. mungkin kapan2 bisa hunting bareng disana biar puas…
    night shoot disana sepertinya menarik🙂

  2. loh..judulnya kan cerita lain di balik monumen tugu..
    kok isinya ndak nyambung?
    saya kira ada sejarahnya begitu..

    trus di akhir cerita:”sedih bila mengingat bagaimana pemuda/ pejuang dulu berjuang untuk membangun monument tugu tersebut dengan mempertaruhkan jiwa dan raga mereka, ehh ternyata sekarang dimanfaatkan oleh beberapa pemuda – pemudi untuk sesuatu yang tidak layak

    memang dulu monumen tugu dibangunnya begitu sejarahnya??

    • Salam kenal mbak Tina ^_^
      Kalau cerita mengenai sejarah monumen tugu kota Malang sudah banyak tersedia mbak ^_^( silakan kunjungi http://pasartugu.blogspot.com/2008/02/tugu-monument.html) , jadi saya disini membahas mengenai sisi lain monumen tugu, terutama aktivitas yang terjadi disana saat ini pada saat malam tiba (yang saya tahu ketika saya sedang mengambil beberapa gambar disana). Semoga berkenan ^_^
      Terima kasih atas kunjungannya ^_^V. Saya tunggu kunjungan berikutnya …

  3. hmm sebenernya saya juga sering nongkrong malem2 disitu sama pacar saya mbak .
    tpi kebanyakan pasangan yang disitu jg ga ngapa2in kok ,
    kan asik berduaan malem2, lampu2nya romantis lge . hehehe
    jdi , jangan sok udzon dlu dong mbk😀

    • O… begitu ya mbak ^_^, berarti bukan mbak yang tidak sengaja saya lihat waktu itu ^_^V.
      Memang lampu-lampunya cukup bagus untuk dinikmati, apalagi kalau air mancurnya diaktifkan.

      Terimakasih atas kunjungannya & salam kenal ^_^V

Leave a Reply

